Potensi Tambang Emas Dolok Pinapan dan Humbang Hasundutan

Doloksanggul. Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) banyak menyimpan potensi alam (tambang) yang melimpah dan tersebar di hamparan luas daratan kurang lebih 250.271,02 hektare (Ha). Kandungan bebatuan yakni satuan batuan metasedimen, sedimen, gunung api, tufa dasitik, terobosan dan alluvial.

"Kandungan bebatuan itu dilihat dari stratigrafi. Di Humbahas banyak bahan tambang, tapi masih sedikit yang dimanfaatkan, salah satunya potensi batu gamping di batu harang Kecamatan Lintongnihuta dengan areal potensi lebih kurang 550 Ha," kata Kepala Kantor Pertambangan dan Energy Humbahas, Ir N Sigalingging.

Demikian halnya potensi pasir gunung di Kecamatan Doloksanggul dengan luas potensi kurang lebih 30 Ha. Potensi lainnya dengan prospek bisnis yang menjanjikan untuk income masyarakat, seperti batu gunung di Desa Pandumaan, Kecamatan Pollung dengan luas potensi kurang lebih 20 Ha.

Kemudian, potensi lempung (tanah liat) di Desa Simarigung, Kecamatan Doloksanggul yang dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan batu bata dengan luas cadangan lebih kurang 143 Ha. Potensi gambut di Aek Nauli, Kecamatan Doloksanggul dan Kecamatan Lintongnihuta.

Sedangkan untuk potensi mineral emas dan tembaga terdapat di Dolok Pinapan, Kecamatan Onanganjang dengan luas potensi untuk penelitian detailnya lebih kurang luasnya 13.076 hektar. Potensi kaoline di Sibuluan, Kecamatan Onanganjang bisa digunakan untuk bahan baku keramik, tembikar dengan luas potensi lebih kurang 221 hektar.

Kecamatan Sijamapolang menyimpan potensi granit terletak di Sibuntuon dengan luas potensi lebih kurang 4.500 hektare. Potensi timah hitam dan mineral terletak di Dolok Spinggol - pinggol dan Laemaga, Kecamatan Tarabintang  dengan luas detailnya lebih kurang 6.835 hektare dengan cadangan timah hitam dengan luas potensi lebih kurang 50.392 hektare. (sumber)


1 komentar:

  1. website sabung ayam live streaming vidio indonesia
    Sabung Ayam S128 - SV388
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus


Top